Review Koneksi – Paket Internet 3 (Three) Jumbo 600MB


Pendahuluan: Dikarenakan Modem Smartfren AC682 saya masih belum cocok dengan windows 8 disebabkan driver yang crash sehingga selalu eror windows dan restart setiap konek internet, akhirnya saya terpaksa menggunakan modem saya yang dibeli tahun 2010, yakni Mobile Broadband USB stick 530. Mobile Broadband USB stick 530 (Option/ T-Mobile) ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi di zamannya yakni sudah HSUPA (download up to 7,2 dan upload up to 2 mbps). Modem ini saya gunakan selama lebih dari 1 tahun, sekitar 1,4 tahun seingat saya. Dari tahun 2011 akhir sampai saat ini, saya menggunakan Smartfren yang menurut saya memang provider paket internet terbaik.

Pemilihan ISP (Internet Service Provider): Waktu itu, saya menggunakan Telkomsel Flash 100rb/bulan dengan FUP 1 GB perbulan, ckck, satu malam atau paling lama dua malam FUP abis sehingga kecepatan turun drastis menjadi 128 kbps. Sempat menggunakan 3 di awal-awal namun saya tertipu terjebak sehingga kuota abis dalam waktu beberapa menit saja.

Nah, kemarin, 2 Desember 2013 2 Januari 2013, saya mencari-cari kartu perdana yang akan saya gunakan untuk internet. Pertimbangan saya adalah Indosat dengan penawaran paling masuk akal. Di counter HP, ada paket perdana internet BROOM dengan harga 40rb. Tapi entah kenapa saya akhirnya tidak tertarik dan lebih memilih kartu perdana IM3. Sebelum kartu dikeluarkan dari etalase, mas-masnya kasih tau paket perdana 3 (Three) dengan harga cuma 20rb dapet pulsa 15rb dan kuota internet 600MB. Hanya butuh beberapa detik saja sebelum kartu perdana tsb masuk ke kantong baju saya.

Mengaktifkan kartu perdana 3 dengan paket internet.

Registrasi seperti biasa ke 4444, dan langsung cek pulsa 3; *111#. Tertera 15.000, cek sms masuk, kuota standar 100 MB dan Kuota jumbo 500 MB. Aman, jadi tidak perlu repot-repot setting dll.

Pasang kartu di modem, instalasi pertama modem (karena baru pertama saya gunakan), dan setting langsung otomatis terisi, sehingga yang diperlukan cuma klik tombol “Connect”. Tes buka browser, standar cepat menurut saya. Modem agak bermasalah awalnya karena sering disconnect sendiri, modem tua maklum :D

Sorry kelupaan: Untuk setting pengisian user, password, dan APN 3 Three itu sebagai berikut:

Username: 3gprs

LIKE THIS?!!!

Password: 3gprs

APN: 3gprs

Screenshot Kecepatan internet 3 (Three) by SpeedTest. Lokasi di Cikarang Bekasi dengan sinyal rata-rata 3 bar HSDPA.

Review Koneksi - Paket Internet 3 (Three) Jumbo 600MB

Saya gunakan pertama adalah untuk Update Windows sehingga bisa dapatkan update driver ZTE untuk Smartfren AC682 untuk Windows 8. Setelah itu, modem GSM saya menyebalkan, copot, ganti Smartfren lageeeee.  Jadi paket internet 3 ini cuma saya gunakan sebentar dikarenakan modem yang ga bersahabat, entah kenapa jauh lebih panas dari waktu ketika saya gunakan di 2011, mungkin karena jarang digunakan selama 1 tahunan.

Well, dengan hasil result speedtest.net tsb, menurut saya kecepetannya masuk dalam kategori cepat untuk browsing, tapi dibanding smartfren, nanti dulu. Coba lihat hasil speedtest berikut!!!

speedtest smartfren

CKCKCK… memalukan!! :D

Tapi lihat upload speednya, ditest jam 11 siang (waktu sibuk), memang seringnya lelet meski pake paket paling mahal, connex evo. Nanti malam atau sore coba saya test lagi, barangkali bisa dapet 3 Mbps. xixi (saya paling jarang test speedtest smartfren karena cukup puas dengan kecepatannya).

Overall, paket internet 3 (Three) 600MB dengan harga 20 ribuan plus pulsa 15 rb cukup memuaskan, cocok untuk pengguna HP atau smartphone atau tablet. Untuk laptop, cape dong, secara 600 MB paling lama paling 2 hari. :D Untuk masa aktif, cukup lama seingat saya, 60 hari mungkin, saya lupa, saya cari-cari packagingnya ga ketemu :(

Semoga berguna, Muha.

Catatan Lain:

Gambar Modem Option/ T-Mobile Mobile Broadband USB stick 530

Mobile Broadband USB stick 530

  • Pingback: Paket Internet XL | Cara Mendaftar, Data Tarif, dll | Just Muha

  • rahmatdi

    nice infonya gan saya juga buat tentang paket AlwasyOn di Tips & Trik Paket Internetan 3 AlwasyOn (AON) kunjungi balik yah kalo sempat

  • Muha

    yooo ah :ngacir2

  • http://estigoplosango.blogspot.com Article

    nice share ..thanks….

  • http://DodyAnimation.com Dody p

    Asik bacanya mas. Lucu he he.
    Btw, disitu kok dituliskan tanggal pembelian kartu perdana: 2 desember 2013. Saya jadi mikir. Sekarang tahun berapa ya?

    • Muha

      hehe.. wah iya, salah mas, 2 Januari 2013 mestinya :)

      makasii dah koreksi dan berkunjung :D