Ultrabook Murah tapi Bagus dan Sangat Ringan


Ultrabook murah yang akan saya bahas di bawah memiliki desain yang menarik dan sangat ringan. Tapi versi kali ini versi saya sendiri ya, namun begitu, saya akan memberikan alternatif lainnya yang juga berharga mirip.

Adalah Toshiba Portege Z835 series yang menggunakan casing alumunium sehingga bobotnya sangat ringan, hanya 1.12 Kg saja, SUPER!!

Harga Toshiba Portege Z835: Yang diulas di sini adalah Toshiba Portege Z835-P330, harganya 6.2 juta (Dengan OS standar Windows 7).

Jika dibandingkan dengan laptop biasa, harga tsb terbilang mahal, tapi untuk ukuran Ultrabook, harga tsb masuk dalam kategori murah loh, meski ada yang lebih murah lagi, lihat di bagian paling bawah yah :)

Prosesor Toshiba Portege Z835

Versi Ultrabook Toshiba termurah ini dibekali dengan prosesor ULV (Ultra Low Voltage) Intel Core i3-2367M dengan clockspeed 1.4 GHz dan Cache 3 MB. Meski clockspeednya rendah, performanya sekitar 2 kali lipat lebih Intel Atom N2800 loh, jadi tidak bisa diremehkan, apalagi dikombinasikan dengan RAM besar dan SSD, mantap.

RAM/ Memory

RAM standarnya adalah 4 GB, sehingga kita tidak perlu lagi untuk upgrade.

TOSHIBA Portege Z835-P330

HDD (Hard Disk Drive)

Nah, inilah salah satu keunggulan Ultrabook karena rata-rata sudah menggunakan SSD, bukan HDD lagi. Kecepatan SSD berlipat-lipat dibanding HDD, jadi meski dengan prosesor ULV, performa Ultrabook tetap ngacir. Kapasitasnya hanya 128 GB, cukup besar. Saran saya, jangan gunakan untuk menyimpan film semua meski tidak ada larangan sih, kenapa, karena Anda akan merasa kapasitas SSD ini terlalu kecil :D Jadi untuk file yang berukuran besar, baiknya sediakan HDD Eksternal yang harganya sekitar 600 ribu untuk kapasitas 500 GB.

Graphics Card/ VGA

LIKE THIS?!!!

VGAnya merupakan VGA on board di Core i3 Sandy Bridge yakni HD Graphics 3000, untuk multimedia sudah sangat cukup, dan untuk game ringan-menengah pun sudah bisa. Tapi apakah Anda membeli Ultrabook untuk main game, I don’t think so :D

Spesifikasi lain dan Fitur

  • - Backlit Keyboard: so, sangat memungkinkan untuk mengetik ketika malam dalam ruangan gelap.
  • - 13.3 ” Wide Crystal LED, ukuran layar ideal untuk sebuah Ultrabook. Resolusinya 1366 x 768 piksel.
  • - SSD Anti Shock.
  • - Card Reader.
  • - USB 2.0 2 buah, USB 3.0 1 buah, HDMI.
  • - Camera.
  • - Baterai tahan hingga 8.28 jam (8-cells) (Toshiba.com)
  • - Garansi 3 tahun

Kesimpulan: Well, memang spesifikasi tidak terlalu wah, bahkan kebanyakan toko sudah sama sekali tidak menjual Ultrabook ini, tapi yang jelas di kliknklik sepertinya masih jual. Untuk komputasi ringan sampai menengah, Ultrabook ini sudah lebih dari cukup, taruh lah untuk menjalankan Ms. Office, Photoshop, dan multimedia. Dan bobot 1.12 Kg sangat bersaing ketat dengan Apple Macbook Air.

Kelebihan Toshiba Portege Z835: Desain elegant, bobot ringan, spesifikasi memadai, harga terhitung murah, backlit keyboard, baterai tahan lama, SSD 128 GB.

Kelemahan dan kekurangan Toshiba Portege Z835: Tanpa Bluetooth, prosesor masih generasi Sandy Bridge, VGA masih HD Graphics 3000, perlu eksternal optic drive.

Kelemahan di atas bisa dihindari dengan memilih versi yang sudah menggunakan prosesor Ivy Bridge, Toshiba Portege Z935-P300.

ALTERNATIF

HP Envy 4-1019TU: 5.2 juta
Samsung Series 5 NP535U3X-A01ID: 5.9 juta
Lenovo Ideapad U310: 6.15 juta
Toshiba Portege Z935-P300: 8.6 juta

Disclosure:

- Spesifikasi dan Harga bisa saja memiliki kesalahan dan/ atau perubahan. Pastikan Anda memeriksa atau bertanya di toko penjual.

- Merk, gambar, logo, dan segala yang berkaitan dengan merk adalah properti/ hak cipta dari pemilik hak cipta tsb.

Demikian ulasan Ultrabook murah tapi bagus yakni Toshiba Portege Z835. Berikan pertanyaan, komentar, dan lainnya untuk ‘Ultrabook Murah tapi Bagus dan Sangat Ringan’.